KREASI
Selamat datang di Level 3 Program Bimbingan Teknis Pembelajaran
Berbasis TIK Tahun 2023, dengan tema “Menguatkan Ekosistem Digital
Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.
Melalui tema ini, diharapkan peserta mampu meningkatkan kompetensi TIK
dengan memanfaatkan ekosistem digital pendidikan, dan berkompetisi dalam
menghasilkan karya-karya terbaiknya pada setiap level.
Bapak/Ibu Peserta PembaTIK 2023 yang sudah mencapai level 3: Kreasi telah selangkah lebih dekat dengan penyelesaian program. Level 3 ini akan mendorong Bapak/Ibu untuk membuat bahan ajar berbasis TIK sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka.
Pada level ini, Bapak/Ibu Peserta PembaTIK 2023 akan mempelajari 4 modul pembelajaran yakni:
Bapak/Ibu Peserta PembaTIK 2023 yang sudah mencapai level 3: Kreasi telah selangkah lebih dekat dengan penyelesaian program. Level 3 ini akan mendorong Bapak/Ibu untuk membuat bahan ajar berbasis TIK sesuai dengan penerapan Kurikulum Merdeka.
Pada level ini, Bapak/Ibu Peserta PembaTIK 2023 akan mempelajari 4 modul pembelajaran yakni:
- Pengembangan Media Audio Pembelajaran Berbasis TIK
- Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis TIK
- Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif
- Inovasi Pembelajaran yang Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital
- menguasai salah satu tools pengembang pembelajaran, baik konten maupun aplikasi;
- memiliki kemampuan dasar desain komunikasi visual;
- melakukan proses yang sistematis dalam pengembangan media pembelajaran;
- mampu menghasilkan salah satu bentuk media pembelajaran interaktif berbasis TIK;
- melakukan rekayasa media pembelajaran sesuai kebutuhan;
- mengembangkan media pembelajaran secara kolaboratif baik dengan sesama guru ataupun siswa;
- menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dalam pengembangan media, dan;
- menghasilkan bahan belajar berbasis TIK.
- Membaca tujuan pembelajaran sehingga memahami target dari setiap modul
- Membaca indikator pencapaian kompetensi sehingga memahami objek yang akan dijadikan kriteria pengukuran untuk mencapai tujuan
- Membaca uraian materi pembelajaran sehingga memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap kompetensi yang akan dicapai.
- Melakukan aktivitas pembelajaran yang tertera pada modul.
- Mengerjakan latihan dan Tes Akhir Modul (TAM)
- Mengerjakan Tugas Akhir Level 3
- Mengerjakan Ujian Akhir Level 3
Tugas Akhir PembaTIK level 3 Tahun 2023 adalah kreasi media
pembelajaran yang harus dikumpulkan oleh setiap peserta. Adapun media
pembelajaran yang bisa dipilih untuk dikembangkan adalah sebagai
berikut.
Silakan baca ketentuan khusus dan panduan penugasan dari setiap media pembelajaran digital pada submenu kedua Tugas Akhir di Google Classroom.
Ketentuan Umum:
1. Media yang dikembangkan memuat materi pembelajaran sesuai kurikulum yang diacu (K13, Kurikulum Darurat, ataupun Kurikulum Merdeka).
2. Materi atau isi media minimal memuat 1 indikator dalam 1 (satu) Tujuan Pembelajaran.
3. Pembuatan format/jenis media yang dipilih, dikembangkan sesuai karakteristik dan ketentuan pengembangan media pembelajaran.
4. Karya orisinal yang diproduksi oleh peserta sendiri.
Karya tidak mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, dan pornografi.
5. Penilaian media pembelajaran ditentukan berdasarkan:
7. Seluruh media pembelajaran diunggah di Bukti Karya PMM. Kategori Karya yang dipilih adalah Bahan Ajar.
8. Untuk media pembelajaran dalam bentuk video, pilih Bentuk karya Video
9. Untuk media pembelajaran Audio, MPI dan EduGame, pilih Bentuk karya Dokumen PDF
10. Dokumen PDF untuk media pembelajaran selain video bebas dikreasikan, namun wajib berisi:
- Audio Pembelajaran
- Video Pembelajaran
- Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)
- Gim Edukasi
Silakan baca ketentuan khusus dan panduan penugasan dari setiap media pembelajaran digital pada submenu kedua Tugas Akhir di Google Classroom.
Ketentuan Umum:
1. Media yang dikembangkan memuat materi pembelajaran sesuai kurikulum yang diacu (K13, Kurikulum Darurat, ataupun Kurikulum Merdeka).
2. Materi atau isi media minimal memuat 1 indikator dalam 1 (satu) Tujuan Pembelajaran.
3. Pembuatan format/jenis media yang dipilih, dikembangkan sesuai karakteristik dan ketentuan pengembangan media pembelajaran.
4. Karya orisinal yang diproduksi oleh peserta sendiri.
Karya tidak mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, dan pornografi.
5. Penilaian media pembelajaran ditentukan berdasarkan:
- aspek kebermanfaatan, memuat materi esensial berbasis kurikulum yang dibutuhkan dalam pembelajaran.
- aspek kreativitas dan inovasi, memuat tampilan ragam media dan pemanfaatan TIK pada media yang dikembangkan.
- aspek teknis, memuat kejelasan tampilan media dan keterbacaan materi pembelajaran yang disampaikan dalam media tersebut.
- disamping penilaian berdasarkan ketiga aspek tersebut, peserta yang mengumpulkan karya media sesuai ketentuan akan mendapatkan nilai awal:
- Audio Pembelajaran : 50
- Video Pembelajaran : 65
- Multimedia Pembelajaran Interaktif : 70
- Gim Edukasi : 70
7. Seluruh media pembelajaran diunggah di Bukti Karya PMM. Kategori Karya yang dipilih adalah Bahan Ajar.
8. Untuk media pembelajaran dalam bentuk video, pilih Bentuk karya Video
9. Untuk media pembelajaran Audio, MPI dan EduGame, pilih Bentuk karya Dokumen PDF
10. Dokumen PDF untuk media pembelajaran selain video bebas dikreasikan, namun wajib berisi:
- Judul/tema
- Jenis Media Pembelajaran (Audio, MPI, EduGame)
- Sasaran Kelas/Fase
- Tujuan Pembelajaran
- Screenshot tampilan awal MPI/EduGame
- Hyperlink menuju media pembelajaran.
Selamat mengikuti tahapan PembaTIK Level 3. Mari bersama-sama “Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”
sumber : https://classroom.google.com/u/0/c/NjIwNjE5NDAyMjYw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar